Produk Herbalife dan Program Diet Sehat Langsing Herbalife
Solusi Diet Sehat dan Bisnis Sukses Herbalife
Login
News
27 Mei 2014
Mau Tahu Aloe Vera atau Lidah Buaya

Aloe vera atau lidah buaya ternyata mengandung zat/ mineral/ vitamin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan Kita

detail

18 Mei 2014
Gejala dan Pencegahan Kanker Payudara

Kanker Payudara merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi setelah kanker rahim pada wanita. Kenali dan cegah kanker Payudara demi masa Depan kita

detail

18 Mei 2014
Manfaat Konsumsi Kedelai Bagi Kesehatan

Kedelai dianggap sebagai protein lengkap dan memiliki banyak fungsi atau manfaat bagi kesehatan kita
Apa saja sich manfaat dari kedelai bagi kita ini ulasannya ?

detail

26 April 2014
Apa Itu Makanan dan Nutrisi ?

Makanan Meupakan apa yang kita makan saat kita lapar dan bahkan saat anda tidak lapar, Sedangkan Nutrisi adalah apa yang dibuthkan oleh tubuh kita untuk sehat,fit dan stamina terjaga

detail

13 April 2014
Batu Empedu dan Penanganannya

Apa itu Batu empedu temukan jawabanya disini, Batu empedu adalah batu yang berada di kandung empedu atau saluran empedu

detail

» index berita
Others

Batu Empedu dan Penanganannya


13 April 2014

Gejala dan Pencegahan Batu Empedu

Ada tiga Jenis :

  • Batu campuran, yang terdiri dari campuran kolesterol dan pigmen empedu yang berasal dari pemecahan lemak. Batu jenis ini paling umum dan dapat berkembang secara bersamaan tetapi cenderung berukuran kecil-kecil.
  • Batu kolesterol, terutama terdiri dari kolesterol. Batu jenis ini bisa mencapai diameter 1,25 cm sehingga cukup besar untuk memblokir saluran empedu. Jumlah batu kolesterol jarang mencapai lebih dari dua.
  • Batu pigmen, terutama terdiri dari pigmen empedu. Batu pigmen hadir dalam jumlah besar tetapi ukurannya kecil-kecil. Kebanyakan terjadi karena penyakit.

 

Apakah Kandung Empedu?
Kandung empedu terletak tepat di bawah hati dan berfungsi menyimpan empedu yang diproduksi hati. Kandung empedu bisa menyimpan sekitar 0,4 liter empedu. Hati menghasilkan sekitar satu liter empedu setiap hari. 

Empedu adalah cairan hijau kekuningan (kadang-kadang kehitaman) yang diperlukan untuk pencernaan makanan berlemak di usus kecil. Selain mengandung air (95%), empedu juga mengandung kolesterol, garam empedu, garam mineral dan pigmen.

Ketika makanan masuk ke dalam duodenum (bagian pertama dari usus kecil), hormon duodenal diekskresikan. Hormon ini dialirkan darah ke kantong empedu dan menyebabkan dindingnya berkontraksi untuk mengeluarkan empedu. Empedu ini akan keluar melalui saluran empedu, melalui lubang sempit ke duodenum. Garam mineral pada empedu menetralisir keasaman makanan saat dicerna di usus. Asam empedu dan garam empedu memecah lemak, sehingga dapat diolah enzim pencernaan.

Penyebab

Sebagaimana disebutkan di atas, kebanyakan batu empedu terbentuk dari kolesterol. Kolesterol cair biasa hadir di kandung empedu dan saluran empedu dalam kondisi normal. Namun, kolesterol cair tersebut dapat menjadi jenuh bila terlalu banyak kolesterol atau terlalu sendikit asam empedu. Hal itu memungkinkan kolesterol mengkristal dan menggumpal menjadi batu empedu.

Gejala

Dalam kebanyakan kasus, batu empedu tidak menimbulkan gejala. Bila menimbulkan gejala, biasanya karena batu empedu menyumbat saluran empedu sehingga menimbulkan apa yang disebut kolik bilier/kolik empedu. Dalam kondisi tersebut, Anda akan merasakan nyeri hebat di perut bagian kanan atas, yang mungkin menyebar hingga ke tulang belikat, bahu dan dada. Rasa sakit biasanya disertai mual dan muntah. Gejala kolik bilier mungkin berkurang dengan berjalan kaki atau membalik-balikkan tubuh dengan posisi berbeda di tempat tidur. Rasa sakit bisa tiba-tiba berhenti bila batu pecah atau kandung empedu terlalu lelah untuk terus menekan.

Sumbatan kronis batu empedu dapat menimbulkan penyakit kuning. Kelangkaan empedu untuk mencerna makanan menyebabkan gejala sakit perut disertai kulit dan bagian putih mata berwarna kekuningan. Air seni dan tinja berubah menjadi kecoklatan. Sendawa, mual, nyeri dan ketidaknyamanan di perut bagian kanan atas terutama dirasakan setelah mengonsumsi lemak dan sayuran tertentu seperti kubis, bayam, telur atau cokelat.

Batu empedu meningkatkan risiko infeksi. Bila itu terjadi, gejala khas infeksi berupa demam tinggi akan muncul, yang mungkin disertai penyakit kuning. Infeksi dapat terjadi di kandung empedu (kolesistitis), saluran empedu (kolangitis), darah (sepsis), atau pankreas (pankreatitis).

Faktor risiko

Faktor risiko batu empedu dikenal dengan singkatan 4F, yaitu Forty, Female, Fat, Family. Artinya, batu empedu lebih umum pada mereka yang berusia di atas 40 tahun, wanita, kegemukan dan punya riwayat keluarga terkena batu empedu.

  • Usia lanjut. Batu empedu jarang sekali menyerang di usia 25 tahun ke bawah. Sekitar 30% lansia diperkirakan memiliki batu empedu, meskipun kebanyakan tidak menimbulkan gejala.
  • Wanita. Wanita lebih banyak terkena batu empedu dibandingkan pria. Pada wanita insidennya sekitar 2 per 1000, dibandingkan hanya 0,6 per 1000 pada pria. Pada wanita hamil, kandung empedu menjadi lebih rendah dan batu empedu bisa berkembang. Hormon wanita dan penggunaan pil KB juga diduga ikut berperan.
  • Obesitas. Kelebihan berat badan merupakan faktor risiko yang kuat untuk batu empedu, terutama di kalangan wanita. Penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan memiliki BMI lebih dari 32 memiliki risiko tiga kali lebih besar untuk mengembangkan batu empedu dibandingkan yang memiliki BMI antara 24 s.d. 25.  Risiko meningkat tujuh kali lipat pada wanita dengan BMI lebih dari 45.
  • Genetik. Bila keluarga inti Anda (orangtua, saudara dan anak-anak) memiliki batu empedu, Anda berpeluang 1½ kali lebih mungkin untuk mendapatkan batu empedu.
  • Sementara dikutip dari Medicalnewstoday, orang-orang yang rentan mengalami batu empedu adalah sebagai berikut.

    1. Orang-orang yang kegemukan atau kelebihan berat badan, terutama perempuan.
    2. Orang-orang yang baru saja kehilangan berat badan dalam jumlah banyak
    3. Orang-orang, khususnya laki-laki yang sengaja menurunkan berat badan, lalu meningkatkannya lagi.
    4. Perempuan yang sedang menggunakan kontrasepsi oral (pil KB)
    5. Perempuan yang sedang menjalani terapi esterogen dosis tinggi
    6. Orang yang memiliki riwayat batu empedu pada kerabat dekatnya
    7. Orang-orang yang asupan lemak dari makanannya tinggi
    8. Perempuan 2 kali lebih rentan kena batu empedu daripada laki-laki
    9. Orang-orang di atas usia 60 tahun
    10. Orang-orang yang sedang mengonsumsi obat antikolesterol golongan statin
    11. Orang-orang dengan diabetes
    12. Perempuan yang sedang menjalani terapi sulih hormon saat menopause.

Diagnosis

Kebanyakan batu empedu ditemukan secara kebetulan dengan USG perut atau pemeriksaan sinar-X. Mereka disebut “batu diam” (silent stones) yang tidak menunjukkan gejala.

Tips untuk Anda

  • Jika Anda telah memiliki batu empedu, Anda perlu membatasi makanan berlemak dan memperbanyak makanan berserat, karena serat dapat mencegah pembentukan batu empedu lebih lanjut.
  • Bila Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan secara bertahap sangat penting untuk mencegah dan meminimalkan keluhan batu empedu.
  • Tidak mengudap sebelum tidur. Makanan kecil sebelum tidur dapat menaikkan garam empedu dalam kandung empedu.

Konsumsi Nutrisi & Makanan Sehat Yang Sudah Teruji untuk Menghindari itu semua.



Baca juga
  » 27 Mei 2014
Mau Tahu Aloe Vera atau Lidah Buaya

Aloe vera atau lidah buaya ternyata mengandung zat/ mineral/ vitamin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan Kita



  » 18 Mei 2014
Gejala dan Pencegahan Kanker Payudara

Kanker Payudara merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi setelah kanker rahim pada wanita. Kenali dan cegah kanker Payudara demi masa Depan kita



  » 18 Mei 2014
Manfaat Konsumsi Kedelai Bagi Kesehatan

Kedelai dianggap sebagai protein lengkap dan memiliki banyak fungsi atau manfaat bagi kesehatan kita
Apa saja sich manfaat dari kedelai bagi kita ini ulasannya ?



  » 26 April 2014
Apa Itu Makanan dan Nutrisi ?

Makanan Meupakan apa yang kita makan saat kita lapar dan bahkan saat anda tidak lapar, Sedangkan Nutrisi adalah apa yang dibuthkan oleh tubuh kita untuk sehat,fit dan stamina terjaga



  » 12 April 2014
Peluang Bisnis Usaha Terbaik dan Menjanjikan Herbalife

Ribuan Kenyataan Sukses Berbisnis, Hidup Sehat ada di Independent Distributor Herbalife dan Pelanggan Herbalife



Search
Search:
Others
Ketinggian: cm
Bobot: kg
Hasil:
BMI Kalkulator
Product Scroller
Pembayaran

Untuk Harga Hubungi Kami

Pembelian Dilakukan Via Transfer

Nama Bank dan No. Rekening Akan Kami Beritahu Ke Anda Hubungi Kami Via

line distibutor herbalife

Line : dindakartini

pin BB distributor herbalife  bandung
Pin  BB  :  75702B41
kontak distibutor herbalife
SMS/TELP:

0823 5848 6660 /

0878 1806 1041


Testimonial
Ibu yitno
Tahun 2003 sy mengenal herbalife dr selembar flayer, saat itu BB sy lebih alias kegemukan,sy tertarik melihat gambarnya u menurunkan BB dgn makanan nutrisi akhirnya sy mencobanya, hasilnya luar biasa... detail

Apit P
Terimakasih Herbalife, hidup jadi sehat

rudho ino
[URL]
akhirnya konsumsi herbalife bisa gratis makasih herbalife

» lihat testimonial
» isi testimonial
Others
Others
Others
< <

Percayakan Berbagai Program Anda Baik Program Turun Berat Badan, Program Naik Berat Badan, Cara Menjaga Berat Badan dan Cara Bisnis Sukses Herbalife

Kepada Kami Para Arjuna Srikandi Independent Distributor Herbalife di mimpisehat.com

Yang telah berpengalaman dengan Kiat dan Tips Sehat tentang Penggunaan, Pemakaian Produk dan Nutrisi Herbalife berdasarkan Fakta, Tips dan cara sehat alami yang telah mensukseskan ribuan orang untuk Hidup Sehat, Ideal, Langsing dan Sukses Berbisnis bersama Herbalife


Toko Online